DESTINATION:BOGOR — Report

Pada jam 04:30 sudah tampak beberapa peserta yang berkumpul di tikum pertama yaitu Circle K organon, waktu berjalanan maka bermunculan lah teman penggowes dari banyak arah alangkah kaget dan merasa terhormat sekali kami ketika disitu ternyata sudah ada om Defry dari Meraputi Fixed Gear, dan Benny yang mendengar event kami dari temannya ikut bergabung juga ama kita dari rempoa, wah ternyata banyak yang antusias dengan event kita berkelana ke Bogor,  semangat kami tidak kendor walau peserta yang terkumpul belom mencapai estimasi,  tidak berapa lama kemudian datang lah Om Amink dari IKPN fixed gear yang ternyata dia sedang menunggu Om Juan dari IKPN juga, dan ada juga peserta kami yang ikut menggowes dua orang dari kaum hawa yaitu ninid dan nikita (salut), karena waktu terus berjalan maka kami memutuskan untuk melepas rombongan pertama.

Rombongan pertama dibagi menjadi 7 orang untuk kemudian berjalan menuju checkpoint pertama di MC D perempatan Gaplek KM10,  perjalanan dimulai dengan permukaan yang sangat tidak bersahabat yaitu di jalan Rempoa raya menuju Pasar jumat, karena jalanan yang sedang di tinggikan dan aspal yang sedang di benahi maka tidak jarang kami menggotong sepeda kami untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, melewati ciputat raya dan rombongan pertama sampai di checkpoint pertama pada jam 06:30, ternyata disana telah menanti teman teman dari b knee yang ternyata telah mempersiapkan safety car dan montir yang bernama mas Sonny untuk menemani kita touring ke Bogor dan alangkah terkejutnya kami ketika mengetahui om Anto dari B knee juga ikut mengawal kami.

Di checkpoint pertama terjadi satu kendala yaitu patahnya brakelever teman kita adit, lalu ketika ditanya mampu kah untuk riding tanpa rem ? adit belum punya pengalaman menggowes fixedgear brakeless, karena perjalanan ini jauh dan pasti akan dipenuhi oleh angkot yang semrawut maka dari itu kawan kami merelakan untuk melepas remnya untuk dipasangkan di sepeda teman kita itu, agar semua berjalan dengan lancar dan aman kita juga mengecek kondisi sepeda kita untuk ke dua kalinya, sambil menunggu rombongan berkumpul semua, ketika semua berkumpul terjadi lah sedikit reunian antara Om defry, Om amink, Om anto dan Om juan, mereka bersemangat sekali untuk riding ke Bogor ini, dan sekedar informasi perjalanan kami ke Bogor tidak hanya untuk sepeda fixed gear, tapi untuk semua sepeda, dan untuk semua kalangan.

Jam 06:30 kami memutuskan untuk melanjut perjalanan tanpa memisahkan rombongan dengan kelompok menuju checkpoint kedua yaitu indomart parung raya yang letaknya di KM21, rombongan di pimpin oleh safetycar yang dikendarai Agus dan di Ikuti oleh Safety car dari B knee yang dikendarai oleh Aga dan Sonny, karena semua langsung berjalan maka terjadilah seleksi ratio diperjalanan, dengan sendirinya rombongan terbagi menurut rationya masing masing menembus pasar parung nan macet dan dipenuhi oleh angkot sampailah kita di checkpoint kedua, disitu kami membagikan air mineral buat semua anggota, dan ada sedikit kendala pada sepeda peserta yang langsung ditanggapi dengan sigapnya oleh Om juan, istirahat sekitar 15 menit untuk nyemil nyemil sambil meregangkan otot.

Jam 07:30 kita melanjutkan perjalanan yang mana menuju checkpoint ke 3 yaitu indomart Bogor raya Km34, tetapi karena terjadi seleksi ratio yang memberikan jarak lumayan jauh, dan panasnya matahari membuat beberapa rombongan memutuskan bahwa berhenti di indomart untuk checkpoint ke 3 sangat tanggung dengan tujuan, maka rombongan terpisah, dan tidak jauh dari checkpoint ke 3 sepeda teman kita bermasalah di rombongan terakhir Freehub Mixtee teman kami Hasan jebol dan dicoba untuk dibenahi oleh teman kami Sonny, tidak sampai 15 menit sepedapun bisa berjalan kembali, namun di checkpoint ke 3 ternyata banyak yang beristirahat, dan rombongan paling depan ternyata terhenti juga karena As Hub teman kita Mail slek, maka rombongan terhenti di checkpont yang berbeda untuk membenahi sepeda yang berkendala itu, Mixtee akhirnya dinaekan kemobil karena hubnya kian tidak terbenahi, akhirnya kami bertemu di depan suatu perumahan di jalan raya Bogor disitu semua rombongan berkumpul kembali untuk membenahi beberapa sepeda dan memberi waktu karena ada beberapa peserta yang kakinya kram, maka kami beristirahat lumayan lama.

Jam 09:15 kami melanjutkan perjalan kami menuju puncak tujuan yaitu Waroeng Podjok di jalan raya baru bogor, untuk bertemu dengan teman teman dari Bogor Fixed Faction, perjalanan menuju ketempat ini tidak begitu terasa jauh karena hanya terletak sekitar 8KM dari checkpoint terakhir kita, sesampainya disana kami sangat senang karena teman teman dari BFF menanti dengan sabarnya dan berteduhlah kami untuk kesekian kalinya, senyum kebahagiaan terlihat dari semua peserta yang antusias sekali riding ke Bogor pada hari itu, walau sampai disini peserta wanita kami melanjutkan perjalan ke Agri park taman kencana dengan mobil safety car karena panasnya matahari, tapi kami cukup bangga dan salut dengan mereka yang telah menempuh jarak kurang lebih 42km dengan sepeda ( angkat topi ).

Dari waroeng podjok kamu di pandu oleh teman teman dari BFF menuju taman kencana, karena ada perbaikan jalan di Bogor maka kami harus melewati jalur alternatif yang ternyata rutenya lumayan ekstrim, yaitu sebuah gang yang menjadi jalur alternatif semua pengendara di Bogor dan tidak jarang tanjakan tanjakan landai yang kami lalui dengan keadaan jalan yang macet, di tanjakan pertama ini teman kami koko dari IKPN kramnya kembali kumat dan tidak bisa melanjutkan perjalanan, dan terjadi salah kordinasi antara sepeda dan safety car, yang mana safety car tidak melalui gang tersebut, akhirnya Koko ditemani oleh teman kami Aria dari BFF, sesampainya kita di taman kencana, maka teman teman dari Bogor menjemput Koko dengan sepeda motor ( menilai macetnya jalanan maka safety car tidak mungkin bisa dikirim ke gang tersebut ).

Jam 10:45 kita sampai di taman kencana kemudian menuju Agri park untuk menyantap makan siang dan beristirahat hingga jam 14:00, disini tempatnya enak banget ada restoran dan makanan2 khas Bogor, lingkungan berupa taman dan pohon pohon yang rimbun mengatapi kita, sambil makan siang disini kami berbincang bincang dengan teman teman dari Bogor bagi yang muslim menjalani ibadah shalat Dzuhur, ternyata tidak hanya makanan disini juga ada kedai kopi dan teh yang ternyata nikmat rasanya, enak banget emang kongkow disini, beberapa anggota beristirahat dengan rebahan di taman ini, dan teman teman dari B Knee menyodorkan beberapa parts sepeda tentunya dengan harga special ( buka lapak dadakan ) harga oke barang oke, kami saling bertukar merchandise dengan teman teman dari BFF, kami senang teman teman dari BFF benar benar antusias menemani kami mengawal kami dan bertukar pikiran dengan kami, ternyata ratio yang ideal di Bogor itu 2,4 sampai dengan 2,6 atau identiknya dengan crank 44t cog 17 / 46t cog 19 karena jalanannya yang cenderung menanjak, ternyata banyak anggota kita antisipasi rute parung bogor maka tidak sedikit dari kami yang rationya 2,9 sampai 3,2 yaitu seperti crank 52t cog 16, oke kami sudah mengetahui kendala yang kami punya dengan ratio kami tapi kami tetap kekeh untuk melanjutkan perjalan menuju Bogor nirwana resident.

Jam 14:00 kami melanjutkan perjalanan kami menuju BNR, dari sini Ninid berniat gowes kembali bersama kita, ternyata baru keluar dari taman kencana aja kita udah harus nanjak menuju Istana Bogor, jalanan menanjak yang dipadati dengan angkot dan kendaraan pribadi itu menyebabkan beberapa peserta menggotong sepedanya, berhubung banyak sekali peserta yang mengendarai fixed gear dan single speed maka kami tidak malu menggotong gotong sepeda kami melewati jalanan ini, sesampainya di depan istana Bogor kami berfoto ria, lumayan buat kenang2an kepada anak cucu nanti, dan ternyata disini teman kami theo dan Om anto memutuskan untuk berpisah dengan kami karena ada urusan yang mendesak, maka mereka langsung menuju stasiun untuk pulang ke jakarta.

Dan kami melanjut kan perjalanan menuju BNR ternyata jalanannya lebih menanjak dan di padati oleh angkot yang tidak segan segan menempati badan jalan hingga kami disisakan trotoar saja, tidak sedikit dari kami yang menggotong sepeda kami di tanjakan menuju BNR ini, dan sedikit kendala adu mulut dengan supir supir angkot yang kurang mawas dengan pengguna jalanan yang harusnya lebih dihormati, karena padatnya jalanan maka beberapa rombongan terpisah dan tersasar sampai tanjakan tajur, untungnya belom terlalu jauh mereka sadar dan turun kembali menuju BNR, memasuki BNR ternyata jalanannya berupa tanjakan tanjakan dan turunan turunan yang lumayan lengkap, dari landai sampai ekstrim semua ada disini ( lumayan buat tes endurance ) beberapa kilo meter kami tempuh dan akhirnya sampailah kita di orchard walk BNR, pertama kali kita sampai disini kita ditegor oleh keamanan dari BNR tapi beruntung kita bertemu dengan pengelola orchard walk yang malah berbaik hati mengijinkan kami untuk parkir dimana saja asal tidak menganggu aktifitas ternyata dia antusias dengan komunitas sepeda dan menawarkan kami spot khusus untuk pertujukan jazz yang akan berlangsung malam itu atau kapan saja komunitas sepeda mau datang dia akan berikan spot ( BFF nego nego dong tuh spot bagus ),  kami beristirahat sejenak sambil nyemil nyemil dan memberikan kesempatan buat yang suka beratraksi dengan sepedanya dan saling berbagi tips kepada semua peserta.

Jam 16:00 kami iseng dan mampir ke The jungle ternyata disana banyak hiburan yang disediakan tapi sayang karena kami terlalu lelah maka kami hanya mampir dan numpang mejeng tentunya numpang poto ditangga ticketing the jungle, dengan sepengetahuan pihak pengelola dan kerja sama bersama satpam maka kami diijinkan untuk memajang sepeda kami di tangga tersebut, banyak sekali pengunjung yang lumayan kaget dan antusias melihat kami, mereka berfoto dengan sepeda sepeda kita ( kok gak mau poto sama kitanya ya ? ). Walau banyak tanjakan yang telah kita lalui tapi tidak mengurangi semangat kita untuk melanjutkan perjalanan kami menuju titik terakhir yaitu stasiun bogor, karena hari sudah mendekati malam, maka kami meluncur dari BNR jam 17:30.

Bila berangkatnya kami melewati tanjakan yang ekstrim dan padat maka pulangnya kita melewati turunan yang ekstrim dan padat ( teori pasti ) maka kami berjalan dengan sangat hati hati, dan ternyata terjadi lah sebuah kendala dimana teman kita mail di potong oleh angkot dan bannya menabrak bemper angkot tersebut, untungnya disitu ada Om juan yang langsung memotong dan memberhentikan angkot tersebut, dan kemudian kami hanya meminta agar angkot tersebut berhati hati bila memotong jalan walau kenyataannya si supir angkot ternyata mau dibela oleh preman preman disitu ( aduh manners ) semoga seiring waktu berjalan para supir supir angkot ini sadar bahwa pengguna jalan terkecil adalah pengguna  jalan yang harus di dahului dan di hormati ( semoga dibaca oleh Walikota Bogor, amien ). sudahlah hanya kendala kecil dan tidak terjadi luka yang serius, maka kami melanjutkan perjalanan ke stasiun.

Jam 18:30 tiba lah kami di pemberhentian terakhir yaitu stasiun Bogor, disini kami membeli tiket pulang menuju jakarta  yang ternyata harganya hanya 5.500 KRL ekonomi AC, dan tiket yang kami beli adalah untuk keberangkat jam 19:15 menuju pasar minggu, packing dan perpisahan terjadi alangkah senangnya sampai detik terakhir kami berpisah teman teman dari BFF tetap memandu dan melepas kepergian kita, sebagian peserta ada yang pulang dengan safety car dan total peserta yang pulang menggunakan KRL adalah 14 orang, disinilah akhir dari Destination Bogor 19:15 kami berpisah dan berterima kasih untuk kesekian kalinya kepada teman teman dari Bogor Fixed Faction, B knee, Meraputi Fixed gear, ID fixed sebagai atap dari semua komunitas fixed gear Indonesia dan semua orang yang antusias untuk bergabung dalam perjalan kami, disini kami meminta komentar dari semua peserta dan ternyata tidak ada yang bilang kapok malahan mereka memberikan destinasi destinasi baru dengan senyuman dan bersemangat. ( tenang teman teman kami akan mempersiapkan destinasi selanjutnya )

Catatan Destination Bogor :
Terjadi kendala dengan sepeda yang bisa di tangani oleh teman teman semuanya dan tentunya bila terlalu berat tetap bisa di tangani oleh sonny dari B knee.

Terjadi kecelakaan tunggal yang disebabkan oleh kelalaian peserta ( hanya luka baret kecil di dengkul ) hal ini disebabkan oleh pengereman menggunakan tehnik skipping yang gagal.

Lumayan banyak peserta yang mengalami cedera otot ringan seperti kram atau keseleo di bagian paha dan betis, mungkin hal ini bisa terhindari bila kita cukup pemanasan, memikirkan geometry dari sepeda yang kita bawa dan menggunakan ratio yang tepat.

Brakeless membuat kita lebih bertanggung jawab bersepeda fixed gear ? sebenar benarnya orang yang bertanggung jawab akan memasang rem untuk menghindari hal yang tidak di inginkan ( Reconsider )

Sekian laporan dari saya mewakili SECTOR, ditunggu ya videonya🙂

best regards and respect

-Ully-

Comments
15 Responses to “DESTINATION:BOGOR — Report”
  1. Jejem says:

Viva for SECTOR Fixed Gear!

2. fixedsector says:

thanks to all of you…..

3. rezakirtink says:

SELAMAT bwt semuah teman2 yg ikut dlm “DESTINATION BOGOR”………..MANTAP bwt kalian smh yg terlibat.

4. danigede says:

nice ride om’…
    mantab tanjakan2nya…
    ditunggu riding berikutnya…

5. Reza Rama says:

Saluuteee….. buat kalian smua!

6. doloy says:

Wah asik banget tuh event nya, pengen cepet-cepet nimbrung sama komunitas fixie sector biar bisa ikut event-event sepedaan🙂

7. ardani says:

Cuma Mau tuker link aja Agan2……..Yukk Berkunjung ke web kami

Ditunggu ya kunjungannya……

8. keeplive says:

salut buat Bogor Fixed Faction, B knee, Meraputi Fixed gear, ID fixed, kekompakannya gak pernah putus sering2 ngadain acara kaya gini, kalo boleh saya ikut hehe

9. edwin says:

Saya dri Bogor fixed Faction… Ayo di tunggu lg kedatangannya… Salam gowes!

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] Destination Bogor Report (via SECTOR) 18 10 2010 Ok ini lah dia laporan perjalanan kami menuju Bogor pada hari sabtu tanggal 16 oktober 2010 yang berjarak kurang lebih 42KM dan akan ditempuh melalui jalur ciputat parung dengan estimasi perjalanan 4 jam dan dikuti oleh 24 peserta dari berbagai kalangan pesepeda.   Pada jam 04:30 sudah tampak beberapa peserta yang berkumpul di tikum pertama yaitu Circle K organon, waktu berjalanan maka bermunculan lah teman penggowes dari banyak arah alangka … Read More […]